Kamis, 31 Oktober 2013

Masakan khas Cina (Tionghoa)


  1. Masakan Shandong (Shantung/Lu), mewakili kuliner Cina utara. Bahan pokok dengan tepung gandum. Masakan daerah ini dikenal dengan metode memasak memakai kaldu arak.
  2. Masakan Henan (Honan), dikenal dengan hidangan dengan saus asam manis.
  3. Masakan Sichuan (Szechwan), dikenal menggunakan banyak cabai sehingga berasa pedas. Produk terkenal antara lain jamur dan daging asin.
  4. Masakan Jiangsu, dibuat dari bahan-bahan yang dipilih secara seksama, mulai dari daun teh segar, rebung, jamur, buah pir dan jujube. Kategori mencakup masakan dari daerah Yangzhou, Nanjing, Suzhou dan Zhenjiang.
  5.  Masakan Zhejiang, tidak berlemak, dikenal menghasilkan rasa segar, empuk, dan harum yang lembut.
  6. Masakan Anhui, dimasak dengan bahan-bahan yang tidak biasa menggunakan metode memasak yang seksama. Kebanyakan bahan didapat dari wilayah pegunungan.
  7. Masakan Fujian (Fukien/Hokkien), terdiri dari hidangan berbahan dasar makanan laut. Dikenal akan penggunaan gula dan hongzao (jujube merah) sebagai bahan masakan.
  8. Masakan Guangdong (Kwangtung/Kanton), dikenal paling beragam dan meriah karena menggunakan bahan-bahan pilihan. Bumbu dari herba danrempah-rempahKaldu yang digunakan berciri khas kental dan pekat. Merupakan kuliner Cina pertama yang menerima pengaruh kuliner asing. Selain itu juga populer di luar negeri. Salah satu resepnya adalah chop suey, hidangan yang tidak ada di Cina, melainkan dibuat di restoran-restoran masakan Kanton diAmerika Serikat yang mengikuti selera orang asing.

0 komentar:

Posting Komentar