Kamis, 31 Oktober 2013

Cerpen DIBALIK KANVASKU INI

Aku terkejut menatap jam dinding yang terpampang di dinding sebelah kanan kamarku. “Apa?! Udah jam empat?!” pekikku
Dengan segera aku pastikan lagi dengan arloji yang melekat ditangan kiriku. hasilnya sama. masih tidak percaya, Aku cek lagi dengan jam di ponselku, tertera angka 04.02 disana. Meski aku bersikeras berharap “tidak” tapi tetap saja tidak masuk akal kalau ketiga jam itu error. Akhirnya aku percaya.

 
Aku bangkit dari kanvas di kamarku,menuju kamar mandi dan keluar dalam keadaan segar. Ya, sudah tidak pegal. Setelah itu aku kembali lagi.
Masih dengan niat mengoles kuas di atas lembaran kanvas itu. Tapi senyumku mengembang begitu memperhatikannya.Tak terasa lukisan itu pun selesai. Puas. Aku pandang ulang lukisan yang menggambarkan pemandangan sebuah tempat terindah yang bernama “Pulau Derawan” dengan wanita imajinasiku yang mengenakan sepasang sepatu mewah. Wah! Benar-benar menarik. Sangat sulit memang, karena aku harus bermain dengan banyak warna. Tapi menurutku, aku berhasil. 

Memang setimpal, pikirku. Sudah hampir 6 jam aku terhanyut didalamnya. Tanpa menghiraukan panggilan dari luar kamar. Untungnya mereka tidak memaksaku bangkit dari sudut ternyaman ini.Langsung saja, aku berlari kecil menuju teras. Tempat biasa ibuku bersantai dengan secangkir kopi setiap sore. “Bu! Lihat deh. Tadi Redo buat ini dikamar. Seharian lho bu. Periksa ya?” pintaku. Ibu berpaling dari majalah yang sedang dibacanya, lalu mengambil lembar yang kusodorkan. Ibu memperjatikan dengan seksama, tidak ada reaksi kagum di raut wajahnya yang cantik itu. Pikiranku jadi tak tentu arah, berharap ibu akan berkata “Bagus bangettt do”. Tapi ternyata...
“Haduh, Do. Kamu ini gimana sih! Warna yang kamu padukan lebih kelihatan jorok. Kotor Do” kata Ibuku dengan sangat enteng.
Terkejut untuk kedua kalinya di hari minggu ini. Tapi aku tidak mau menampakkan wajah sedih. Aku tidak suka dikasihani orang! termasuk Ibu.
 
Aku kembali ke kamar dengan wajah lesu. Bagaimana tidak?! seharian Aku duduk di sudut kamar mengerjakan sesuatu yang dikatakan “lumayan” saja tidak! Huft! Aku juga menolak saat kak Tiara meneriakkan namaku untuk makan malam. Benar-benar tidak selera! Padahal aku belum memasukkan makanan sedikitpun ke dalam perut sejak aku mulai melukis. Sebenarnya, apa yang keluar dari mulut Ibu tadi sore bukan untuk pertama kali. Tapi hari ini semua itu cukup mengejutkan.
 
Malam pekat mulai menghiasi langit. Setelah belajar, Aku berbaring di atas ranjang. Kali ini aku menangis hingga membasahi bantal. Aneh! Aku tidak setegar biasanya. Tapi biarlah air mataku ini keluar. Karena aku tahu setelah itu perasaanku mulai tenang dan lega. Tapi tanpa sadar aku mulai terlelap dalam mimpi!. Keesokan paginya, aku bangun pagi-pagi sekali. Karena hari ini akan ada pelajaran kesukaanku. Tentu saja seni lukis! Bahkan hari ini adalah prakteknya! Ya semangatku mulai terpacu kembali. Segera saja setelah semua siap, aku berangkat ke sekolah.
 
Pagi yang cerah dengan sinar matahari terik yang menemani para siswa siswi SMPN  1 Surakarta.45 menit berlalu,upacara pun selesai. Pak handoko, guru mapel favoritku masuk dengan senyum yang mulai mengobarkan pikiranku. Kedua tanganku ini rasanya ingin menggertak-gertak meja. Tak sabar untuk melukis. “Keluarkan kanvas kalian. Mulailah dengan sangat cermat. Akan ada hadiah untuk yang terbaik” kata Pak Handoko. Kalimat terakhirnya membuat seisi kelas gaduh. Begitu juga denganku. Dengan optimis, Aku mulai saja dengan warna pertama. Masih ada keinginan untuk membawa hadiah itu ke hadapan ibu sebagai bukti lukisanku bagus kali ini! dan aku benar-benar percaya.

Neng Nong Neng...

Bel berbunyi, aku juga sudah menyelesaikannya dengan baik dan puas. “Waktu habis!. Ketua, Kumpulkan hasilnya dan bawa ke meja bapak di Kantor. Akan bapak umumkan pemenangnya segera sepulang sekolah” katanya lagi. Waktu yang ditunggu-tunggu tiba. Bukan cuma aku yang berdebar-debar. Tapi semua temanku. “Redo Algista ”. Hah?! ! Aku dipanggil ke depan dengan wajah yang benar-benar gembira!. Saat diserahkannya Hadiah itu, Teman-temanku bersorak dan bertepuk tangan. Serasa menang tingkat Internasional saja.

Kemudian setelah semua diperbolehkan bubar. Aku berlari kencang menuju Rumah dengan sekotak Hadiah tadi ditanganku. Sambil membayangkan pujian apa yang akan dilontarkan Ibu nanti. Tapi sesampainya. Ibu malah tidak sedang di Rumah. huft! Sia-sia saja aku berlari tadi. Aku langsung menuju kamarku yang hari ini sedikit berbau seperti aroma karbol (mungkin karena tadi pagi di bersihkan oleh ibu). Lalu aku berganti pakaian dan berbaring sambil memandang ke setiap sudut. Tiba-tiba saja aku teringat lukisan-lukisanku dan ingin mengumpulkan semuanya. Lalu aku mencarinya, lembar- demi lembar di setiap laci lemari. Sudah ada hampir 50 lembar lebih ditanganku.
 
Tapi kemana lukisanku yang bergambar Wanita yang mengenakan sepasang sepatu mewah dan Pulau Derawan?! Padahal menurutku, kedua lukisan itulah yang paling bagus diantara yang lain.  Aku terus mencarinya sampai semua sudut. Tapi tidak juga kudapatkan. Dibawah tempat tidur, dilaci meja, di tas jinjing. Semuanya tidak ada! Wajahku mulai panik.
“Kenapa yang bagus sih yang ilang! Yang jelek malah ada” sentakku. Aku kesal sekali. Rasanya ingin memecah tangisan. Apalagi kalau membayangkan kalau melukisnya tidak mudah! Ikh... rasanya geram sekali.
 
Kemudian aku duduk di sisi jendela yang mencondong keluar. Tiba-tiba pintu kamarku terbuka. Ternyata ibu. Ibu lalu mendekatiku dan duduk di pinggir ranjangku. “Ibu kemana aja sih?!” tanyaku masih agak kesal
“Abis main ke rumah Tante Wiwik. Kamu kenapa? lagi kesel  ya, mulutnya monyong gitu” tanya Ibu sambil bergurau. “Iya aku kesel! Abisnya, Lukisan aku yang bagus banget malah ilang” jawabku. Tiba-tiba aku teringat sesuatu. O iya hadiah itu. Aku turun dari jendela dan mengambil sebuah Kotak yang dibungkus kertas kado bewarna merah. dan duduk kembali di jendela itu.
“Bu! Kata Pak Handoko lukisan yang terbaik, yang layak dapetin ini. tapi sayangnya, lukisan itu gak aku bawa pulang. Soalnya diminta buat dipajang di Mading” kataku girang sambil memberikan kotak itu pada Ibu “Wah! Hebat putra Ibu”. Senang sekali, akhirnya mendengar kata “Hebat” dari Ibu. “Iya, tapi aku masih kesal. Kenapa dua lukisan terbaik aku hilang. Aneh deh”. “Kamu yakin udah nyari kemana-mana?”. “Yakin Bu, Yakin banget”
“Oh kalau gitu. Yang ini bukan?” tanya ibu sambil membuka halaman dimajalah yang dari tadi digenggamnya. Hah?! Lukisanku terpampang penuh di salah satu lembarnya. “Atau yang ini?” kata Ibu lagi sambil menunjukkannya padaku dari majalah yang berbeda.
 

Aku mengambilnya dan menatap dengan mata penuh rasa kaget “Hah?! Jadi memang Ibu yang mengambilnya... ya ampun!” kataku “Sekarang aku bisa kan membuktikan kalau sebenarnya Lukisan ku bagus!”
“Kenapa sekarang?, memang semua lembaran yang kamu lukis bagus kok” puji Ibu, wajahku berubah menjadi bingung. “Terus kenapa selama ini Ibu bilang jelek lah, Kotor lah, kurang ini lah kurang itu lah. Kenapa Bu?” tanyaku.  Mimikku semakin penasaran. “Kamu mau tahu alasannya?” Tanya Ibu balik, Aku mengangguk cepat. “kamu tahu sebuah karya kan. Enggak semua karya akan selalu dipuji orang. Pasti selalu ada kritikan, saran dan bahkan makian. Ibu mau kamu juga terbiasa dengan semua itu. jadi bukan sekedar pujian saja” Aku tertegun mendengar ucapan Ibu. Berarti selama ini niatnya baik. “Dan ibu melihat ketegarannya di sikapmu. Kamu terus berkarya dan membuat kritikan itu menjadi salah satu penyemangat. Dan sekaranglah, Ibu baru mau mengutarakan tujuan kesinisan Ibu akan lukisanmu selama ini” tambah Ibu. “Hmm... kalau begitu, Aku benar kan? Haha” kataku memuji diri. “Sekarang coba buka, apa yang ada dibalik kotak itu?” perintah Ibu lembut. Aku mulai merobeknya, dan membuka tutup kotak itu. Hah? Kudapati kuas dan berbagai warna cat cair.
“YES!” seruku
“Oiya, ada satu lagi. Ini amplop untukmu, dari produser majalah” kata Ibu, dia menyodorkan amplop putih yang ternyata berisi uang. Senangnya, aku berniat akan membeli Kanvas baru!

0 komentar:

Posting Komentar